Minggu, April 26, 2009

Virus

Trik Jitu Amankan File-File Penting Dari

VIRUS

Dimas Aditya Putra

dimzzz_gokill@yahoo.com

Saya kembali menemukan sedikit ide yang mungkin bermanfaat bagi semua orang yang sering dihantui rasa takut akan kehilangan data-data penting gara-gara diserang virus-virus jahat yang sangat tidak bertanggung jawab. Akhir-akhir ini saya semakin banyak mendengar dan menemui kasus-kasus

penyerangan virus yang dalam penyebarannya disertai menghapus ataupun merusak data dengan ekstensi-ekstensi tertentu, yang kebanyakan penyerangan ditujukan pada data-data Document (*.doc, *.xls, *.ppt, *.txt dan lnsbgygtl) terutama pada file yang berekstensi *.doc. Hal ini membuat banyak orang sangat takut hingga mereka merajinkan diri membackup data berkala secara manual, hingga menginstal software antivirus maupun software-software perlindungan lain yang kadang kurang efektif dan sangat merepotkan diri sendiri. Maka dari itulah saya menulis artikel lanjutan ini yang semoga dapat mengatasi masalah tersebut.


Inti dari Artikel ini sebenarnya sangat sederhana yaitu merename semua ekstensi
file-file penting sekaligus dalam sebuah Drive dengan sekali click.
Disini saya menggunakan bantuan script VBS untuk penerapannya.

*sekedar info: dulu sih biasanya saya menggunakan script ini untuk merename file-file video dari VCD yang berekstensi *.DAT menjadi *.MPG agar bisa tertampil (Thumbnail) ditampilan Explorer.

Virus menyerang beberapa jenis file di dasarkan pada file exstensinya, dan dikarenakan kebanyakan virus menyerang file *.doc, maka dalam contoh dibawah ini saya akan menerapkannya pada file ini, yaitu merubah ekstensi *.doc menjadi *.MSWord. (anda juga boleh menentukan hasil rename-nya sendiri selain *.MSWord )

Komunitas dimaz-bastard.blog.com

Copyright © 2003-2007 bastard

Ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka RUN ketik notepad.exe lalu enter

2. Setelah aplikasi notepad muncul ketikkan atau copy > paste script di bawah ini :

Dim Drive, Root, fname

Drive = "D"'drive yg akan diproses

Set Root = CreateObject("Scripting.FileSystemObject"). _

GetDrive(Drive).RootFolder

Set fname = New RegExp

With fname

.Pattern = ".doc$"'ekstensi file yang akan direname

.IgnoreCase = True

.Global = False

.Multiline = False

End With

Call Rename(Root, fname)

Sub Rename(Folder, RegExp)

Dim SubFolder, File

For Each File in Folder.Files

If RegExp.Test(File.Name) Then

File.Name = RegExp.Replace(File.Name, ".MSWord")'hasil renamenya

End If

Next

For Each SubFolder In Folder.SubFolders

Call Rename(SubFolder, RegExp)

Next

End Sub

3. SaveAs di folder mana-saja dengan filename: XTRenamer.vbs , click pada kolom “Save as type” dan ganti “Text Document (*.txt)” menjadi “All Files” lalu click tombol “Save”

4. Eksekusi file XTRenamer.vbs yang telah anda buat tadi untuk mengubah semua file yang ber-ekstensi *.doc menjadi *.MSWord di Drive D:

*Jika terjadi error pada script tapi anda yakin nggak salah ketik, perhatikan dan pahami script anda terutama pada: HIGHLIGHT (Drive target, dan jenis ekstensinya cocok/ada nggak di komputer situ, atau cek file-file anda ada perubahan nggak?


anda juga bisa menentukan sendiri jenis ekstensi file apa, dan akan direname

manjadi apa nanti ekstensinya. Untuk memahami script perhatikan

HIGHLIGHT dan 'keterangannya.

Tunggu beberapa saat hingga proses perenamannya selesai. Lama proses ditentukan oleh kecepatan komputer dan banyaknya file. Biasanya pada komputer rumahan��murahan nggak akan memakan waktu lebih dari 10 detik. Untuk lebih pastinya buka Task manager (ctrl+alt+del) > tab “Processes” Apabila dalam daftar “Image-Name” masih terdapat “wscript.exe” berarti prosesnya masih belum selesai. Setelah proses pe-renamannya selesai maka kita harus meng-assosiasikan ekstensi file baru tersebut agar bisa di buka di aplikasi yang dikehendaki, agar bisa dibuka dengan mudah.

Komunitas dimaz-bastard.blog.com

Copyright © 2003-2007 bastard

Caranya adalah:

1. Masuk Control Panel > Folder Options > Files Type

2. Cari dan click tombol “New” lalu pada kolom “File Extension:” ketik “msword

(apabila anda melakukan modifikasi pada scriptnya dan mengubah string “MSWord” dengan yang lain, sesuaikanlah).

3. Klik tombol “<

4. Lalu click “OK”

5. Selesai, mudahkan?...

6. (Optional) ganti gambar icon defaultnya agar tidak mudah tertipu dengan file virus yang sering ber-icon menyerupai File Word. Caranya? Baca artikelku sebelumnya. Apabila anda ingin mengubah juga ekstensi-ekstensi data penting anda lainnya yang dimungkinkan dapat terserang virus seperti *.xls, *.ppt, *.txt dan lain-lain, maka lakukan modifikasi pada scriptnya ( syntax code yang perlu dimodifikasi sudah saya beri HIGHLIGHT beserta 'keterangannya ). Dan jangan lupa untuk mengasosiasikannya lagi dengan program penampil defaultnya./ pemrosesnya seperti cara diatas.

Efek Sampingnya!( nah ini dia yang sering dipertanyakan )

a. Script VBS ini hanya akan merename ekstensi filenya saja bukan filenamenya, jadi misalnya apabila anda mempunyai file yang bernama Data.doc maka akan dirubah menjadi Data.MSWord. jadi jangan kuatir, nama aslinya nggak akan berubah.

b. Jika data yang akan anda rubah ekstensinya bersifat shared document atau data yang anda buat untuk disebarkan luaskan di internet/jaringan lokal maupun ke komputer lain maka akan sedikit merepotkan orang yang akan membukanya, sebab di komputer mereka ekstensi tersebut belum diasosiasikan dengan

5 program penampilnya. Jadi jika ingin dapat membuka file ini di komputer lain lebih baik rename kembali ekstensinya ke *.doc atau dapat dibuka dengan cara: Klik-kanan > Properti > Change… lalu cari “Microsoft Office Word” (Aplikasi Microsoft Word) di kolom “programs” lalu klik Ok > Apply > Ok -baru buka.

c. Penerapan Script VBS ini pada Drive C: “dimungkinkan”-(kemungkinannya sangatlah kecil sekali) dapat mengganggu kinerja aplikasi yang menyertakan file *.doc pada prosesnya. Maka dari itu saya sarankan untuk memindahkan file-file penting anda dari drive C: ke drive lainnya sehingga drive C: tidak perlu di-proses menggunakan Script VBS ini.

d. Nggak macam-macamkan?...

0 komentar:

Posting Komentar