Rabu, Juni 02, 2010

Beragam Kebudayaan Indonesia yang Menakjubkan

Beragam Kebudayaan Indonesia yang Menakjubkan
Ini aku ada sedikit coret-coretan neh. aku pingin bahas tentang "BUDAYA INDONESIA" kalau dilihat dari judulnya sepertinya sepele ya, tapi tunggu dulu disini penulis akan bercerita tentang Macam-macam Kebudayaan Indonesia yang harus kita lestarikan sampai kapanpun jangan sampai budaya-budaya kita di klam kembali  so baca baik-baik ya... oke langsung ajah cekidot...

Kalau ada Orang bilang bahwa Indonesia itu negara yang tertinggal, Salah Banget!!!
Indonesia enggak ketinggalan dengan negara-negara lain... mari deh kita lihat cuma dari satu sisi aja dulu, kebudayaan..

Kebudayaan Indonesia merupakan aset negara yang berharga yang udah nyaris gak di perhatiin lagi oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Padahal, kalo kita lebih teliti lagi, kebudayaan Indonesia itu banyak banget dan sangat beragam dari berbagai daerah (sabang-merauke).

1. ALAT MUSIK

-Gamelan -Gong
-Sasando -Tambur Juk Dawan
-Gendang Bali -Gondang Batak
-Gendang Karo -Tanggetong
-Gendang Melayu -Rebab
-Gandang Tabuik -Gong Lambus
-Sasando -Gong Kemada
-Talempong -Kulintang
-Tifa -Calung
-Saluang -Angklung
-Rebana -Kendang Jawa
-Bende -Bonang
-Kenong -Kecapi 




 2. LAGU-LAGU MASYARAKAT INDONESIA

 alat musik yang baik menciptakan hasil yang baik pula, nih gan lagu-lagu yang berhasil diciptakan oleh masyarakat Indonesia.

-Apuse (Papua)
-Ayam Den Lapeh (Sumatera Barat)
-Barek Solok (Sumatera Barat)
-Bubuy Bulan (Jawa Barat)
-Burung Tantina (Maluku)
-Butet (Sumatera Utara)
-Cing Cangkeling (Jawa Barat)
-Es Lilin (Jawa Barat)
-Gambang Suling (Jawa Tengah)
-Gundul Pacul (Jawa Tengah)
-Ilir-Ilir (Jawa Tengah)
-Injit-Injit Semut (Jambi)
-Jali-Jali (Jakarta)
-Kambanglah Bungo (Sumatera Barat)
-Kampuang Nan Jauh Di Mato (Sumatera Barat)
-Kicir-Kicir (Jakarta)
-Manuk Dadali (Jawa Barat)
-O Ina Ni Keke (Sulawesi Utara)
-Potong Bebek Angsa (Nusa Tenggara Timur)
-Rasa Sayang-Sayange (Maluku)
-Sarinande (Maluku)
-Selendang Mayang (Jambi)
-Sinanggar Tulo (Sumatera Utara)
-Sing Sing So (Sumatera Utara)
-Si Patokaan (Sulawesi Utara)
-Soleram (Riau)
-Surilang (Jakarta)
-Suwe Ora Jamu (Yogyakarta)
-Tanase (Maluku)
-Tokecang (Jawa Barat)
-Terang Bulan (Jakarta)
-Yamko Rambe Yamko (Papua)
 3. PAKAIAN TRADISIONAL MASYARAKAT INDONESIA
 selain musik, Indonesia juga memiliki kebudayaan di bidang pakaian loh, kita sering mengenakannya disetiap acara-acara resmi, acara keluarga, bahkan ada yang mengenakannya setiap hari.

-Batik
-Ulos
-Marapulai
-Songket
-Tapis
-Sasirangan
-Tenun Ikat




  4. TARIAN MASYARAKAT INDONESIA
 dengan pakaian yang baik, terciptalah tarian yang baik pula, Indonesia juga memiliki tarian yang beragam, bahkan banyak tarian Indonesia yang sudah sampai kemancanegara
-Jawa: Bedaya, Kuda Lumping, Reog
-Bali: Kecak, Pendet
-Maluku: Cakalele, Orlapei, Katreji
-Aceh: Saman
-Minangkabau: Tari Piring, Tari Payung
-Betawi: Yapong
-Sunda: Jaipong, Tari Topeng
-Batak: Tortor

  5. CANDI di INDONESIA
Indonesia juga menghasilkan berbagai kesenian, salah satunya wayang yang berasal dari jawa khususnya jawa tengah, dan juga berbagai macam candi dimana salah satu candi Indonesia menjadi salah satu keajaiban dunia.
Candi adalah sebuah bangunan tempat ibadah dari peninggalan masa lampau yang berasal dari agama Hindu-Buddha. Digunakan sebagai tempat pemujaan dewa-dewa. Namun demikian, istilah 'candi' tidak hanya digunakan oleh masyarakat untuk menyebut tempat ibadah saja. Banyak situs-situs purbakala lain dari masa Hindu-Buddha atau Klasik Indonesia, baik sebagai istana, pemandian/petirtaan, gapura, dan sebagainya, disebut dengan istilah candi. Candi juga berasal dari kata “Candika” yang berarti nama salah satu Dewa kematian (Durga). Karenanya candi selalu dihubungkan dengan mnumen untuk memuliakan Raja yang meninggal contohnya candi Kidal untuk memuliakan Raja Anusapati.
Bangunan candi terbagi menjadi:
1. Candi Kerajaan, yaitu yang digunakan oleh seluruh warga kerajaan. Contoh: C.Borobudur, C.Prambanan, C.Sewu, C.Plaosan, C.Panataran di Jawa Timur.
2. Candi Wanua/watak,yaitu candi yang digunakan oleh seluruh masyarakat pada daerah tertentu pada suatu kerajaan. Contoh:candi yang berasal dari masa Majapahit,C.Sanggrahandi, C.Gebang, C.Pringapus.
3. Candi pribadi, yaitu candi yang digunakan untuk mendharmakan seorang tokoh. Contoh: C.Kidal, C.Jajaghu, C.Ngrimbi,C. Tegawangi, dan C. Surawana.
-Candi Borobudur
-Candi Prambanan
-Candi Sewu
-Candi Plaosan
-Candi Panataran
-Candi Sanggrahandi
-Candi Gebang
-Candi Pringapus
-Candi Kidal 



   6. WAYANG
Wayang dikenal sejak zaman prasejarah yaitu sekitar 1500 tahun sebelum Masehi. Masyarakat Indonesia memeluk kepercayaan animisme berupa pemujaan roh nenek moyang yang disebut hyang atau dahyang, yang diwujudkan dalam bentuk arca atau gambar.
Wayang merupakan seni tradisional Indonesia yang terutama berkembang di Pulau Jawa dan Bali. Pertunjukan wayang telah diakui oleh UNESCO pada tanggal 7 November 2003, sebagai karya kebudayaan yang mengagumkan dalam bidang cerita narasi dan warisan yang indah dan sangat berharga (Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity).
Wayang, oleh para pendahulu negeri ini sangat mengandung arti yang sangat dalam. Para Wali di Tanah Jawa sudah mengatur sedemikian rupa menjadi tiga bagian. Pertama Wayang Kulit di Jawa Timur, kedua Wayang Wong atau Wayang Orang di Jawa Tengah, dan ketiga Wayang Golek di Jawa Barat. Masing masing sangat bekaitan satu sama lain. Yaitu "Mana yang Isi(Wayang Wong) dan Mana yang Kulit (Wayang Kulit) harus dicari (Wayang Golek)".

-Wayang Kulit
-Wayang Kayu
-Wayang Orang
-Wayang Golek

Jenis wayang menrut daerah asal :
-Wayang Jawa Yogyakarta
-Wayang Jawa Surakarta
-Wayang Kulit Gagrag Banyumasan
-Wayang Sasak (NTB)
-Wayang Kulit Banjar (Kalimantan Selatan)
-Wayang Palembang (Sumatera Selatan)
-Wayang Betawi (Jakarta)
-Wayang Cirebon (Jawa Barat) 
 

 betapa hebatnya budaya kita sampai-sampai banyak negara asing yang meniru, bahkan mencuri kebudayaan kita
 ayo kita hargai dan lestarikan kebudayaan Indonesia...!
gampang kok  untuk melestarikan kebudayaan kita...
 -hormat kalo ada yang mengibarkan bendera Merah Putih
-kenakan pakaian batik ya minimal 1minggu 1kali deh  (kalo ada yang belum punya batik, jgn takut... sekarang banyak kok batik yang harganya murah ada yang harganya Rp. 10.000)
-sesekali menyanyikan lagu-lagu daerah kita pada sebuah acara-acara, porseni dan lain-lain
-mempelajari lebih dalam kebudayaan kita sendiri, masa kalah sama orang asing yang sampai niat banget datang ke Indonesia untuk mempelajari kebudayaan asing, bahkan ada yang rela menikahi seorang kepala suku hanya untuk mendapatkan pengetahuan tentang kebudayaan Indonesia


3 komentar:

WaZu's mengatakan...

iya, tapi kok banyak yang dicopy ya oleh negara lain????

Anonim mengatakan...

nice

kettut lala' dicka mengatakan...

aku suka ini..
:)

Posting Komentar