Jumat, November 27, 2009

Bahaya Mengkonsumsi Alkohol

Alkohol adalah barang haram,yang sangat dilarang oleh agama. Khususnya daerah barat atau daerah Kutub.Karna mungkin daerah mereka sangat dingin dan satu-satunya cara untuk menghangatkan diri adalah minum alcohol.Namun di Indonesia kebanyakan orang salah terap.Mereka meniru kebiasaan orang Barat yang meminum alcohol. Orang barat sudah memprekdisikan dampak dan bahayanya. Kebanyakan orang Indonesia mengkomsumsi alcohol antara lain stress memikirkan hal-hal berat dan melampiaskan dengan minum alcohol,atau mungkin dalam acara pesta, dan masih banyak lagi.

larangan untuk manusia meminum arak atau alkohol karena akibatnya yang amat buruk, telah diketahui umum sejak dahulu. Malah, setiap agama di dunia ini turut melarang hal tersebut di kalangan para penganutnya.

Beberapa negara yang sadar akan dampak negatif alkohol, melarang penggunaan alkohol sebagai minuman keras. Meskipun demikian, berbagai produk baru dan teknologi yang semakin maju, terus diciptakan. Para pengusaha minuman keras tidak keberatan untuk membayar pajak minuman keras yang kebanyakan dibebankan kepada konsumen.

Kata alkohol sering dipakai untuk menamai senyawa organik yang terdiri dari unsur-unsur karbon, hidrogen, dan oksigen. Dari semua jenis alkohol, yang paling dikenal adalah metil alkohol atau minuman keras yang berasal dari biji-bijian, dan etil alkohol yakni minuman keras yang berasal dari buah anggur.

Kerusakan saraf dapat menyebabkan berbagai jenis penyakit seperti sindrom Wernicke-Korsakoff dan kerusakan sel-sel otak, yang kemudian menuju kepada komplikasi psikiatri. Peminum sering mengalami halusinasi pendengaran, amnesia, paranoid, depresi, dan kecenderungan membunuh diri.

Lihat saja berbagai berita kriminal di televisi. Banyak kejahatan berawal dari seseorang yang berada di bawah pengaruh alkohol. Tidak hanya itu, alkohol pun sering dihubungkan dengan kecelakaan lalu lintas. Sebanyak 60 persen kematian saat mengendara menggunakan alkohol. Sekitar 30.000 orang terbunuh setiap tahunnya karena berbagai jenis kecelakaan yang berkaitan dengan kendaraan bermotor.Minuman keras yang menghancurkan kendali diri merupakan penyebab utama munculnya kekacauan social,misalnya seorang yang mengonsumsi alkohol mudah tergoda untuk melakukan tindakan buruk yang biasanya mampu ia hindari. Seorang dokter melaporkan bahwa dari seribu kasus yang ia tangani, 80 persen terkait penyakit kelamin yang diperoleh penderita melalui hubungan seksual saat dipengaruhi alkohol. Alkohol memperburuk penyakit-penyakit yang ditimbulkan oleh pergaulan seksual yang bebas.

Alkohol murni tidaklah dikonsumsi manusia. Yang sering dikonsumsi adalah minuman yang mengandung bahan sejenis alkohol, biasanya adalah ethyl alcohol atau ethanol

(CH3CH2OH ). Bahan ini dihasilkan dari proses fermentasi gula yang dikandung dari malt dan beberapa buah-buahan seperti hop, anggur dan sebagainya.

Akibat Penggunaan :
Bila seseorang mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol, zat tersebut. diserap oleh lambung, masuk ke aliran darah dan tersebar ke seluruh jaringan tubuh, yang mengakibatkan terganggunya semua sistem yang ada di dalam tubuh.
Besar akibat alkohol tergantung pada berbagai faktor, antara lain berat tubuh, usia, gender, dan sudah tentu frekuensi dan jumlah alkohol yang dikonsumsi.

Efek setelah minum dalam jumlah besar :
- banyak sekali berbicara
-
nausea ( ‘neg )
-
muntah
-
sakit kepala, pusing
-
rasa haus
-
rasa lelah
-
disorientasi
-
tekanan darah menurun
-
refleks melambat

Akibat Penggunaan – Jangka Panjang :
- Kegelisahan
-
Gemetar / tremor
-
Halusinasi
-
Kejang-kejang
-
Bila disertai dengan nutrisi yang buruk, akan merusak organ vital seperti otak dan hati

0 komentar:

Posting Komentar